Thursday 28 July 2016

Artikel: Mengembangan Potensi Diri

Setiap kita memiliki banyak sekali Potensi Diri yang dapat dikembangkan dan menjadi Maksimal, namun hanya sedikit dari kita yang mengerti bagaimana cara untuk mengembangkan Potensi Diri yang dimiliki sehingga akhirnya kita yang harusnya menjadi pribadi yang luar biasa menjadi pribadi yang biasa.

Berikut beberapa cara untuk mengenali potensi diri antara lain:

Kenali diri sendiri
Buatlah daftar pertanyaan dan jawablah setiap pertanyaan tersebut dengan jujur. "Misalnya : Apa yang membuat anda bahagia? Apa yang anda inginkan dalam hidup ini? Apa kelebihan dan kekuatan anda? Apa kelemahan dan kekurangan anda?" Buat pertanyaan sebanyak-banyaknya dan jawablah semua pertanyaan itu dengan Jujur.

Tentukan tujuan hidup
Tentukan Minggu ini, Bulan ini, Tahun ini apa yang mau dicapai, Bila perlu buat "Wall of Dream" di Dinding Kamar anda dan Tuangkan apa yang ingin anda Capai. Jadi setiap kali anda melihatnya akan akan mengerti Tujuan Hidup anda.

Motivasi hidup
Ada Banyak Peluang dan kesempatan, bahkan sebenarnya kita bisa mencapainya. Tapi kadang Motivasi kita yang membuat kita menjadi Lemah dan tidak mampu mencapainya. Apa yang bisa mencambuk anda untuk membangun kekuatan dan dukungan moril sehingga menghasilkan karya terbaik. Miliki Motivasi untuk mencapai setiap Gol dalam hidup anda

Hilangkan prasangka buruk
Untuk setiap tantangan bahkan kegagalan, jangan menyalahkan orang lain. Evaluasi langkah anda, kemudian melangkah lagi.

Jangan menghakimi diri sendiri
Ketika menghadapi hambatan dan kegagalan untuk mencapai tujuan jangan menyesal dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Buatlah kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran yang berharga untuk maju.

Jangan malu bertanya
Orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman bisa menjadi tempat kita untuk bertanya, Jangan malu untuk bertanya karena kita tidak mungkin mengerti akan segalanya.

Banyak baca dan lihat
Dengan banyak membaca dan melihat, Ilmu kita akan bertambah dan pengalaman kita juga akan bertambah. Dan akhirnya kemampuan kita juga pasti akan bertambah. Gunakan setiap sarana yang ada untuk memperlengkapi kita.

- Salam Sukses -

0 komentar:

Post a Comment