Thursday 4 August 2016

Artikel: Lakukan Ini Saat Mengedit Profil Sosmed Anda

Saat ini kalangan millenials yang mulai memasuki dunia pekerjaan dikenal sebagai kalangan yang aktif di sosial media, tech savvy dan selalu cepat menerima perubahan. Namun demikian ketika mulai memasuki dunia pekerjaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan akun sosial media Anda. Jika sebelumnya akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram hingga Linkedin dipergunakan untuk keperluan yang bersifat 'senang-senang' dan diramaikan dengan foto-foto liburan, bersama teman yang terkadang terlihat berlebihan, yang perlu
diperhatikan ketika Anda mulai memasuki dunia pekerjaan dan mencari lowongan kerja adalah untuk mengedit semua foto-foto, status yang tidak sesuai, tidak tepat dan terlalu berlebihan.

Survei membuktikkan, sebagian besar perusahaan melalui pihak HR dan personalia saat ini melakukan background check melalui sosial media. Artikel berikut ini akan membahas hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengedit isi konten sosial media Anda.

Perhatikan status dan komen
Jika selama ini Anda cenderung bebas mengekspresikan diri, pemikiran serta hal-hal lainnya di sosial media, coba cermati dan cari status-status serta komen-komen yang pernah Anda buat atau masuk kedalam timeline sosial media Anda. Kemudian hapus semua komen serta status yang tidak sesuai dan berlebihan. Keuntungan dari sosial media adalah memungkinkan Anda untuk menghapus semua komen serta status yang terlalu berlebihan yang pernah Anda tulis sebelumnya. Kemudian untuk selanjutnya perhatikan dengan benar status atau komen apa yang ingin Anda tuliskan di sosial media. Agar memudahkan Anda nantinya bila Anda mendapatkan info lowongan kerja dan mengamankan posisi Anda sebagai kandidat terkuat nantinya.

Foto-foto
Terkadang di sosial media ada teman yang sengaja atau tidak sengaja memasukan foto dengan mengikutkan akun Anda (tag), coba cermati kembali foto-foto yang ada di akun sosial media Anda, baik itu foto profile, album hingga foto-foto tag dari teman Anda. Dengan demikian Anda bisa lebih mengontrol dan menghapus jika ada foto yang terbilang tidak baik dan tidak sesuai jika dilihat oleh pihak perusahaan yang sedang Anda lamar untuk pekerjaan.
Hapus group, games dan aplikasi
Jika selama ini Anda menggunakan sosial media untuk bermain game, mengikuti group atau mengunduh aplikasi, coba kurangi atau hilangkan semua kebiasaaan tersebut. Dengan demikian profil Anda bisa tampil lebih profesional di mata pihak HR atau personalia perusahaan. Kurangi kebiasaan Anda bermain games, membagikan tautan games atau kebiasaan lainnya di sosial media.

Kurangi jumlah teman
Tidak ada salahnya memiliki jumlah teman yang banyak di sosial media, namun keika Anda mulai melakukan proses pencarian pekerjaan ada baiknya untuk mengurangi beberapa teman yang tidak baik dan jarang melakukan komunikasi dengan Anda. “Hal ini penting agar Anda terhindar dari kebiasaan tag foto yang terlalu berlebihan dari teman-teman yang hanya memberikan pengaruh buruk untuk performa Anda di sosial media” tutur Chandra Ming, CEO Karirpad.

Periksa blog
Jika saat ini Anda lumayan aktif menulis di blog coba perhatikan kembali tulisan atau konten yang pernah Anda tulis. Lakukan pengeditan terhadap tulisan yang tidak sesuai atau kurang profesional, dengan demikian citra Anda di sosial media bisa terjaga. (Sumber: Karirpad.com)

0 komentar:

Post a Comment