Thursday 1 September 2016

Langkah untuk Menulis Resume yang Baik

Banyak dari kita berpikir kita sudah tahu bagaimana cara menulis resume yang baik dan benar. Namun ketika datang pada kondisi dimana kita harus menyusun resume guna memajukan kehidupan profesional kita, banyak dari kita tidak memiliki wawasan untuk dapat mengubah CV yang baik menjadi CV benar-benar hebat. Ya, menyusun resume bukan sekedar menyusunnya secara baik dan benar, namun bisa menarik perhatian para rekruter yang membacanya.

Memiliki resume menarik, ringkas dan profesional membuat perbedaan penting untuk kesempatan Anda diundang untuk wawancara. Untuk membantu Anda dilihat dan tidak diciutkan oleh perusahaan, inilah panduan untuk menulis resume yang unggul dan menarik perhatian.

Lalu bagaimana menulis resume yang unggul langkah demi langkap? Dilansir dari au.hudson.com, setidaknya terdapat 6 langkah yang harus Anda patuhi:

Baca Juga: 7 Cara Terbaik Berinvestasi untuk Karir Anda
Langkah 1: Rincian Kontak
Sertakan nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email dan, jika relevan, nama account LinkedIn dan Twitter Anda, idealnya sebagai hyperlink. Gunakan alamat email yang terdengar profesional, dan menghindari orang-orang merasa aneh saat mendengarnya. Hindari pula istilah yang menggunakan julukan atau istilah asing.

Langkah 2: Pernyataan Pembukaan
Ini adalah bagian yang tepat untuk memberikan gambaran singkat dari kekuatan utama Anda, cukup dua atau tiga kalimat untuk Anda menjabarkan bagaimana Anda bisa menjadi yang terbaik. Bisa juga berisi daftar keterampilan utama Anda, bakat dan nilai jual.

Pernyataan pembukaan juga memberikan Anda kesempatan untuk menyesuaikan resume Anda untuk setiap aplikasi pekerjaan. Beradaptasi untuk menjadi serelevan mungkin dan membuat versi yang berbeda yang langsung menangani persyaratan yang tercantum pada iklan pekerjaan tertentu.

Langkah 3: Pengalaman Kerja

Pengalaman karir Anda, dimulai dengan pekerjaan Anda saat ini atau terbaru, daftar jabatan Anda, nama atasan, lama kerja, tanggung jawab dan keterampilan yang diperoleh, dan menonjolkan prestasi Anda.

Pilih hanya tanggung jawab utama dan prestasi Anda.
Gunakan kata kerja aktif bukan kata benda atau kata kerja pasif, misalnya 'Mengelola dan menyelesaikan proyek kunci pada waktu dan  anggaran yang sesuai' daripada 'Proyek diselasaikan pada waktu dan anggaran yang sesuai' atau hanya 'manajemen proyek'.

Langkah 4: Pendidikan & Pelatihan

Cantumkan daftar kualifikasi tertinggi Anda terlebih dahulu.Kecuali Anda baru saja keluar dari perguruan tinggi, tidak perlu untuk daftar kualifikasi sekolah menengah di banyak detail.

Cantumkan daftar nama lembaga, tahun Anda menghadiri dan kualifikasi yang diperoleh.

Langkah 5: Hobi & Minat
Sebuah gambaran singkat bekerja terbaik ada di sini, untuk mencerminkan kepribadian Anda tanpa masuk secara detail dan berlebihan untuk mengenal Anda.

Hindari terlalu banyak hobi dan minat pribadi. Jika Anda tidak memiliki hobi yang menarik, lebih baik tidak mencantumkan sama sekali.

Langkah 6: Referensi
Ini umumnya sesuatu yang dianjurkan, referensi yang tersedia berdasarkan permintaan.
Jika Anda diminta untuk menyertakan referensi dengan aplikasi Anda, berikan nama, jabatan, alamat email dan nomor telepon dari dua orang yang benar-benar mengenal Anda. Jika memungkinkan, pilih mantan manajer, atau orang-orang dalam posisi tanggung jawab di tempat kerja lama Anda, atau bisa cantumkan teman-teman serta anggota keluarga.
Dengan mengikuti struktur dasar ini dalam menulis resume. Hal ini akan memberikan diri Anda kesempatan terbaik untuk sukses saat melamar pekerjaan apapun.

Siap untuk mulai menulis resume Anda?
(Sumber: Karirpad.com)

0 komentar:

Post a Comment